Kerja Keras

Pagi masih sangat muda tapi pasar Gondanglegi telah ramai.  Aroma keringat bercampur baur dengan kepul kretek dan harum kopi. Teriakan tukang angkut yang meminta jalan menyatu dengan keriuhan tawar-menawar. Apa saja ada di sini. Sebutkan saja. Pisang, sayur, ikan, ayam, nangka, sandal, tukang palak, udang, pete, dan entah apa lagi.

Photo: Toha Mohammad

Gondanglegi merupakan sebuah kecamatan yang terletak di Kabupaten Malang bagian selatan. Kecamatan ini dikelilingi oleh deretan kebun tebu yang luas. Berbatasan persis dengannya, di desa Krebet, Kecamatan Bululawang, terdapat sebuah pabrik gula peninggalan masa kolonial yang hingga kini masih beroperasi.

Para pedagang pasar Gondanglegi kebanyakan berasal dari wilayah sekitar, semisal Banjar Rejo, Brongkal, Sipring atau Bantur. Tapi tak sedikit pula yang berasal dari desa yang sangat jauh. Mereka datang dengan menggunakan sepeda kayuh, motor, truk, mobil bak terbuka dan kadang gerobak sapi.

Beberapa dari mereka meninggalkan rumah sejak jam tiga pagi. Berjuang untuk hidup.

Pendapat yang menyatakan bahwa kemiskinan akibat dari kemalasan adalah sebuah pendapat yang sungguh celaka. Pendapat itu muncul dari orang-orang yang enggan berpikir jauh dan buta terhadap sejarah.

Photo: Toha Mohammad

Photo: Toha Mohammad

 

 

2 thoughts on “Kerja Keras

  1. yapssss…. orang purwodadi juga dianggap pemalas karenanya miskin, padahal disini petani2 berjalan berkilo meter untuk mendapat air yang mereka gunakan menyiram jagung… love u toha..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s